Manfaat kesehatan yang diperoleh setelah rutin berenang

Tentang Berenang

Berenang menjadi salah satu aktivitas fisik yang cukup populer di Indonesia. Bagi banyak orang terutama anak kecil, aktivitas fisik di dalam  air yang satu  ini sangatlah menyenangkan. Selain menyenangkan, ternyata berenang merupakan salah satu cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh sekaligus sistem kardiovaskular.  Berenang selama satu jam diklaim bisa membakar kalori yang jumlahnya setara dengan berlari. Berbeda dengan aktivitas fisik lain seperti berlari yang bisa berdampak pada tulang dan persendian, berenang justru tidak berdampak terhadap itu.

Berenang yang sering dikatakan bermanfaat untuk menambah tinggi badan. Sebenarnya, manfaat terbesar dari berenang adalah benar-benar melatih seluruh tubuh mulai bagian luar dari ujung kepala hingga kaki sampai organ tubuh bagian dalam. Aktivitas dalam air yang memiliki beberapa gaya ini mampu membangun daya tahan dan kekuatan.

manfaat berenang lainnya yang bisa diperoleh terutama apabila dilakukan rutin tentu dampaknya lebih terasa.

1. Latihan kardiovaskular yang berisiko rendah

Latihan kardiovaskular melibatkan paru-paru, jantung, dan sistem peredaran darah. Berenang dianggap mampu menjaga sekaligus meningkatkan kebugaran kardiovaskular yang artinya membuat organ dalam tubuh lebih sehat sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan seumur hidup. Artinya dapat membuat umur lebih panjang dan mengurangi risiko kematian. Selain itu, menurut hasil penelitian, aktivitas ini juga mampu mengontrol gula darah.

Dalam meningkatkan kardiovaskular dibutuhkan aktivitas aerobik seperti berenang, bersepeda, atau berlari. Aktivitas aerobik bisa beresiko terutama pada tulang dan persendian. Tetapi berbeda dengan  berenang karena justru resikonya rendah sehingga orang lanjut usia pun bisa melakukannya dengan aman tanpa khawatir.

2. Membakar lebih banyak membakar kalori

Berenang sangat cocok bagi Anda yang berniat untuk menurunkan berat badan sebab ini merupakan cara yang bagus untuk membakar kalori. Bahkan kalori yang terbakar lebih banyak daripada berlari di luar ruangan atau berlari di atas treadmill.

Jumlahnya kalori yang terbakar sebenarnya tergantung pada gaya renang apa yang digunakan, waktu, jenis kelamin, berat badan dan intensitas berenang. Ada penelitian dimana berenang eksklusif selama 10 menit dengan gaya berenang berbeda membakar jumlah kalori yang berbeda pula. Apabila menggunakan gaya dada sebanyak 60 kalori terbakar. Selanjutnya jika memilih gaya punggung sebanyak 80 kalori, gaya bebas 100 kalori dan gaya kupu-kupu lah yang mampu membakar paling banyak kalori yaitu sebesar 150 kalori.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Menurut penelitian, semakin banyak berenang maka seseorang akan memperoleh  tidur yang lebih berkualitas. Oleh karena itu, berenang sangat cocok untuk penderita insomnia. Sebab berenang melibatkan seluruh tubuh mulai dari ujung kepala sampai kaki, ini dapat mendorong pola tidur yang baik untuk memulihkan semua otot.

4. Memperlambat penuaan

Berenang secara teratur telah terbukti dapat memperlambat atau menunda efek penuaan. Hal ini disebabkan karena berenang mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan massa otot, meningkatkan oksigen dan aliran darah ke otak serta mengurangi tekanan darah.

5. Baik untuk lansia

Lansia sangat rentan mengalami risiko saat berolahraga yang berat. Namun tenang, berenang bisa menjadi solusi bagi lansia. Selain rendah risiko, olahraga air ini juga memberikan sejumlah manfaat seperti mengurangi persendian, meningkatkan kekuatan fisik, meningkatkan keseimbangan fisik, dan meningkatkan fleksibilitas pada lansia.

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari berenang yang bisa diperoleh siapa saja mulai dari anak-anak sampai lansia.